Senin, 06 April 2015

Berhijab di Dunia Nyata, tapi di Dunia Maya?

Assalamu'alaykum

Kali ini, postingannya akan dimulai dari..

Suatu hari, ada dua akhwat sedang duduk di teras mushola. Salah satunya (sebut aja Akhwat Update) lagi mantengin twitter, facebook, path, ask.fm, dkk., dsb., dll., sebagainya. Eh tak dinyana, akhwat yang diam saja lihat foto si Akhwat Update ini tanpa hijab di medsos. Lakon pun dimulai...

Ukhti, jikalau sudah tertutup auratnya, jangan dibuka lagi.

"udah tau keles ukh.." (nada bercanda tapi belom sadar kalo fotonya dilihat).

Iya, ana tau. Maksudnya di situ loh *nunjuk foto di medsos dia*

"Loh tapi kan..."

Dikira nggak dosa? Ya ini mah sama seperti anti buka-bukaan offline, Ukhtiku sayang..

"HAH?!"

****

Yap, sering yah ini terjadi di sekitar kita. Mungkin saja kita malah pelakunya! Hati-hati, Ukhti...

Secara offline alias di dunia nyata memang berhijab, tapi pas online alias di dunia maya belum tentu. Mungkin saja kalau di offline berhijab ada maksud tertentu tuh. Entah ingin dipuji, atau apalah itu. Eh pas online dibuka juga pasti ada maksud tuh. Entah biar dibilang cantik, nice, apalah itu.

Tanpa disadari mudharatnya akan sama dengan kita buka-bukaan aurat di dunia nyata. Dilihatin lelaki ajnabi secara bebas. Apalagi dishare, like, retweet, dkk., dilihatin banyak orang, unggahan publik lagi! Wah, BAHAYA!

Yang lihat gak cuma satu, dua, atau lima. Pengguna internet itu gak cuma kamu atau teman-temanmu saja. Tapi seluruh manusia di dunia yang update juga! Milyaran penduduk dunia bisa lihat fotomu tanpa hijab lho, Ukh.

Bayangin deh, sedunia! Kamu bisa hitung berapa jumlah laki-laki yang hidup dan menggunakan internet di dunia ini? Bukan SATU, DUA, atau TIGA. Mungkin separuh atau tinggal seperempat dari milyaran penduduk bumi. (ana bilang seperempat karena ini akhir zaman banget. tinggal dikittt.)

Oh ya, meski kamu tetap share fotomu dengan hijab, tapi wajahnya kelihatan.........
Tapi wajahnya kelihatan..............
Wajah kelihatan.....................
Kelihatan.....................................
Kelihatan....................................

HATI-HATI! Sekarang ini banyak banget kejahatan di medsos yang pakai media foto. Gimana tuh??
Wajahmu dalam foto bisa dipakai untuk aksi kejahatan para pengguna internet yang tidak bertanggung jawab.

Jaman sekarang ini nih, mana ada orang yang gak ngerti teknologi? Terkhususkan pada kawula muda. Ditambah aplikasi editor foto yang gak kalah buaaaanyak dengan tambahan fitur-fitur canggih serta update banget, apa yang gak bisa dilakukan? Bahkan hanya dengan sebuah foto saja?

So, buat akhowat nih yang tidak ingin membuat calon-calon imamnya yang sholeh nan tampan di belahan bumi sana cemburu, jaga baik-baik dirimu, Ukh. Jaman juga sudah makin akhir. Mari kita sama-sama menuntut dan memperdalam ilmu agama. :)


Yasudah yah, sekian dulu postingan dari ana yang penuh cinta untuk sahabat fillah terkhusus akhowat di penjuru dunia.

Wassalamu'alaykum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar